Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Password Pada File Excel Untuk Proteksi Supaya Tidak Bisa Dicopy atau Diedit

Cara Membuat Password Pada File Excel - Untuk keamanan data yang kita miliki pada Excel tentu Aplikasi Excel sudah menyiapkan proteksinya.

Proteksi tersebut berupa password yang kita buat dengan tujuan tentunya untuk mengamankan data yang sedang kita olah.

Jika membahas proteksi dalam Excel kita akan diberikan beberapa opsi dan opsi ini tentu akan sesuai dengan kebutuhan kita.

Masing - masing opsi tentu memiliki pola dan cara pembuatan proteksi Excel yang berbeda - beda.


Cara Membauat Password Pada File Excel


Seperti yang disebutkan diatas bahwa tujuan kita membuat password dalam Excel adalah untuk memproteksi file Excel tersebut.

Proteksi dalam Excel dibagi kedalam beberapa jenis tergantung proteksi yang akan kita gunakan.

Jika proteksi yang kita gunakan bertujuan agar file Excel tidak bisa dicopy maka kita hanya cukup memproteksi Sheet Excelnya saja.

Sedangkan jika proteksi yang kita buat tujuannya supaya file Excel tidak bisa diedit maka kita cukup memproteksi beberapa bagian saja misalnya cell A, atau kolom dan lain - lain.

Lalu bagaimana jika kita ingin memproteksi keseluruhan file Excel yang kita miliki ?

Untuk kebutuhan tersebut kita harus memproteksi file Excel dengan menggunakan password supaya file Excel yang kita miliki akan meminta password saat dibuka.

Jadi, pada pembahasan ini password yang akan kita buat adalah password untuk membuka file Excel.

Dengan proteksi ini maka secara otomatis orang yang tidak mengetahui password file Excel tidak akan bisa membuka file Excel tersebut sama sekali.


1. Cara Membuat Password Pada Excel


Untuk pembahasan yang pertama kita akan melihat bagaimana cara membuat password pada file Microsoft Excel.


Baca Juga : Memproteksi Cell Tertentu Pada Excel Supaya Tidak Bisa Dihapus atau Diedit


Adapun cara membuat password pada Excel langkah - langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Klik Tab File
  2. Klik Info
  3. Klik Protect Workbook
  4. Klik Encrypt With Password
  5. Pada kotak ketik Password yang akan digunakan
  6. Klik OK
  7. Ketik kembali Password yang akan digunakan
  8. Klik OK
  9. Save As file Excel

Selanjutnya untuk menguji apakah file Excel sudah ada passwordnya silahkan close file tersebut kemudian buka kembali.


Proteksi file Excel


Jika berhasil maka secara otomatis sebelum file Excel dibuka akan muncul kotak untuk meminta password.


2. Cara Mengganti Password Excel


Selanjutnya jika kita sudah membuat password pada file Excel lalu kemudian ingin mengubah password tersebut tentu saja bisa dilakukan dengan sangat mudah.

Adapun cara mengganti password Excel tersebut langkah - langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Buka File Excel yang akan diubah Passwordnya
  2. Ketik Password pada kotak yang muncul
  3. Klik OK
  4. Klik Tab File
  5. Klik Info
  6. Klik Protect Workbook
  7. Klik Encrypt With Password
  8. Pada kotak hapus password lama
  9. Pada kotak ketik Password baru yang akan digunakan
  10. Klik OK
  11. Ketik kembali Password baru yang akan digunakan
  12. Klik OK
  13. Save file Excel

Silahkan simpan kembali file Excel yang sudah kita ubah passwordnya dan jika nanti dibuka pada password yang harus dinput adalah password yang baru.


3. Cara Menghapus Password Excel


Menggunakan password pada file Excel tentu bukan juga tanpa resiko yang bisa muncul.

Salah satu resiko yang akan mungkin muncul adalah bagaimana jika kita lupa password Excel yang sudah dibuat ?

Kondisi tersebut tentu akan sangat beresiko karena jika lupa password Excel maka kita sama sekali tidak akan bisa membuka file Excelnya.

Untuk itu jika kita sudah terlanjur membuat password Excel dan ingin menghapusnya maka langkah - langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Buka File Excel yang akan diubah Passwordnya
  2. Ketik Password pada kotak yang muncul
  3. Klik OK
  4. Klik Tab File
  5. Klik Info
  6. Klik Protect Workbook
  7. Klik Encrypt With Password
  8. Pada kotak hapus password
  9. Klik OK
  10. Save file Excel

Dengan menggunakan 10 langkah diatas maka password file Excel sudah otomatis akan dihilangkan.

Tetapi dengan catatan bahwa untuk menghapus password dengan langkah diatas kita harus tetap mengetahui password untuk membukanya.

Itulah pembahasan kita kali ini tentang cara membuat password pada Exel dan semoga artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca.

Post a Comment for "Cara Membuat Password Pada File Excel Untuk Proteksi Supaya Tidak Bisa Dicopy atau Diedit"