Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghitung Rata - Rata Dalam Excel Dengan Menggunakan Rumus

Cara Menghitung Rata Rata - Dalam Excel kita bisa mengolah angka dan menghitungnya sesuai dengan kebutuhan.

Salah satu cara perhitungan pada angka dalam Excel adalah menghitung rata - rata dari deret angka.

Menghitung rata - rata dalam Excel memang sangat mudah dilakukan karena sudah ada rumus yang secara khusus fungsinya adalah untuk menghitung rata - rata.

Dalam artikel ini kita akan bahas rumus apa yang digunakan untuk menghitung rata - rata serta cara menghitungnya.


Cara Menghitung Rata - Rata Dalam Excel


Seperti yang disebutkan diatas bahwa dalam Excel sudah ada rumus yang dapat digunakan untuk menghitung rata - rata.

Memang menghitung rata - rata ini jika dilakukan bukan dengan Excelpun akan cukup mudah dilakukan.

Hanya saja jika jumlah angka yang akan dihitung rata - ratanya cukup banyak maka tentu ini akan cukup menyulitkan.

Jika memang perhitungan rata - rata tersebut akan dilakukan dalam Excel maka mempercepatnya tentu dengan menggunakan rumus Excel.

Rumus Excel tersebut akan mempermudah serta mempercepat proses menghitung rata - rata.


1. Rumus Menghitung Rata - Rata Dalam Excel


Dalam Excel tentu kita sudah mengenal salah satu rumus yang ada pada kategori Fungsi Satistik yaitu rumus Excel AVERAGE.

Adapun fungsi dari rumus Excel AVERAGE ini adalah untuk menghitung rata - rata dari deret angka.

Rumus AVERAGE ini memiliki dua rumus turunan yaitu rumus Excel AVERAGEIF dan rumus Excel AVERAGEIFS.

Perbedaan dari ketiga rumus tersebut ada pada syarat atau kriteria perhitungan rata - rata.


Baca Juga : Rumus Excel AVERAGE : Menghitung Rata - Rata Dengan Mudah Dalam Excel


Khusus untuk rumus Excel AVERAGE ini perhitungan rata - rata tidak menyertakan kriteria.

Dari penjelasan diatas tentu kita sudah dapat menyimpulkan bahwa untuk menghitung rata - rata dalam Excel adalah dengan menggunakan rumus Excel AVERAGE.


2. Cara Menghitung Rata - Rata Dalam Excel


Selanjutnya mari kita bahas contoh serta cara menggunakan rumus Excel AVERAGE.

Silahkan perhatikan gambar berikut ini :


Menghitung Rata - Rata


Pada contoh tersebut sudah ada dua deret angka yang diketik pada kolom A serta kolom B.

Selanjutnya dari kedua angka tersebut kita akan menghitung rata - rata dengan menggunakan rumus Excel AVERAGE.

Adapun rumus Excel yang digunakan untuk menghitung rata - rata adalah sebagai berikut :


=AVERAGE(A4:B9)


Seperti yang terlihat pada contoh diatas bahwa menghitung rata - rata dari kedua deret tersebut dengan sangat mudah.

Karena hanya dengan menyisipkan deret angka pada rumus Excel AVERAGE maka angka rata - rata akan otomatis muncul.

Itulah pembahasan kita kali ini tentang cara menghitung rata - rata dalam Excel dan semoga bermanfaat.  

Post a Comment for "Cara Menghitung Rata - Rata Dalam Excel Dengan Menggunakan Rumus"