Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Nomor Urut Otomatis Menggunakan Rumus Excel ROWS

Nomor Urut Otomatis - Jika sedang mengolah data yang memang berurutan maka biasanya dalam Tabel akan ditambahkan nomor urut.

Nomor urut ini tentu akan terus berurutan dalam bentuk angka mulai dari 1, 2, 3 dan seterusnya.

Konsep dan cara membuat nomor urut dalam Excel ini bisa dilakukan secara manual satu persatu dan bisa juga dengan cara otomatis.

Salah satu cara untuk membuat nomor urut otomatis adalah dengan menggunakan beberapa bantuan rumus Excel.

Rumus Excel tersebut akan menyusun nomor secara berurutan bahkan dengan tambahan teks atau angka lain sesuai dengan kebutuhan.

Tentu konsep nomor urut otomatis tersebut akan sangat membantu untuk mempercepat pengolahan data yang sedang dilakukan.

Karena kita tidak perlu mengetik nomor urut satu persatu yang cukup merepotkan apalagi jika akan tambahan teks atau angka tertentu.

 

Rumus Excel Untuk Nomor Urut Otomatis

 

Seperti yang disebutkan diatas bahwa untuk membuat nomor urut otomatis tentu kita akan membutuhkan bantuan rumus Excel.

Pada dasarnya ada banyak rumus Excel yang bisa kita manfaatkan untuk membuat nomor urut otomatis.

Pada contoh serta pembahasan kali ini kita akan menggunakan dua rumus Excel saja yaitu sebagai berikut :

 

1. Rumus Excel ROWS

 

Dalam Excel rumus ROWS ini ada pada kelompok atau ketegori Fungsi Pencarian dan Referensi.

 

Baca Juga : Rumus Excel ROWS :  Fungsi, Syntax, Contoh dan Cara Penggunaan

 

Adapun fungsi dari rumus Excel ROWS ini adalah untuk menghitung jumlah baris yang digunakan pada Sheet Excel.

Tentu pada pembahasan ini rumus ROWS akan menjadi rumus utama karena dari rumus inilah akan muncul nomor urut yang berbentuk angka.

 

2. Rumus Excel TEXT

 

Selanjutnya rumus kedua yang akan kita gunakan pada pembahasan ini adalah rumus Excel TEXT.

Dalam Excel rumus TEXT ini ada pada ketegori atau kelompok Fungsi Teks atau Fungsi Text.

Adapun fungsi dari rumus Excel TEXT pada Excel tersebut adalah untuk mengatur pemformatan baik pada angka maupun bentuk data yang lain.

Sesuai dengan fungsinya bahwa pada nomor urut otomatis kita akan menggunakan rumus Excel TEXT sebagai dasar pada pengaturan format dari nomor urut tersebut.

 

 

Cara Membuat Nomor Urut Otomatis

 

Sebelum melanjutkan silahkan pelajari terlebih dahulu dua rumus yang akan kita gunakan pada pembuatan nomor urut otomatis dalam Excel.

Selanjutnya untuk cara serta contoh membuat nomor urut otomatis pada pembahasan ini kita akan bagi menjadi dua bagian.

Contoh yang pertama adalah nomor urut hanya akan menampilkan angka saja sedangkan yang kedua selain angka kita akan menambahkan bulan serta tahun pada nomor urut tersebut secara otomatis.

 

1. Nomor Urut Otomatis Dengan Angka

 

Pada contoh yang pertama kita akan membuat nomor urut hanya dari urutan angka saja sesuai dengan posisi dari jumlah barisnya.

Untuk itu rumus Excel yang akan digunakan pada contoh yang pertama ini hanya rumus Excel ROWS saja.

Untuk contoh nomor urut otomatis yang pertama silahkan perhatikan gambar berikut ini :

 

Nomor Urut Otomatis Excel

 

Pada contoh tersebut sudah ada tiga kolom yang kita buat dan kolom yang pertama akan kita isi dengan Nomor.

Pada kolom inilah kita akan menempatkan nomor urut otomatis sesuai dengan rumus yang akan kita buat.

Adapun rumus yang digunakan pada Cell A4 adalah sebagai berikut :

 

=ROWS($B$4:B4)

 

Dengan menggunakan rumus tersebut maka hasilnya pada Cell A4 akan muncul angka 1 dan inilah yang merupakan nomor urut pertama.

Langkah selanjutnya silahkan copy dan pastekan rumus Excel pada Cell A4 tersebut kedalam Cell A5 dan Cell A6.

 

Baca Juga : Cara Copy Paste Rumus Pada Microsoft Excel Menggunakan Paste Special

 

Mohon dicatat bahwa setelah rumus tersebut dicopy dan pastekan maka rumusnya akan sedikit berubah.

Misalnya untuk rumus yang muncul pada Cell A5 adalah sebagai berikut :

 

=ROWS($B$4:B5)

 

Bagian yang tidak berubah adalah pada Cell B4 karena pada Cell tersebut kita sudah ubah statusnya menjadi Cell Absolut.

Pastikan rumus yang digunakan akan seperti yang dicontohkan diatas terutama pada bagian Cell Absolutnya.

Hasil dari cara yang pertama ini memang hanya nomor urut otomatis yang berbentuk angka saja.

Tapi jangan salah, ini merupakan langkah awal untuk memahami cara yang kedua yaitu nomor urut otomatis dengan menambahkan bulan dan tahun.

 

2. Nomor Urut Otomatis Angka, Bulan dan Tahun

 

Jika sudah memahami cara membuat nomor urut otomatis yang pertama mari kita lanjutkan pada cara yang kedua.

Cara yang kedua ini sedikit lebih rumit dari cara yang pertama karena akan menambahkan unsur lain secara otomatis pada nomor urut tersebut.

Untuk contoh nomor urut otomatis yang kedua silahkan perhatikan gambar berikut ini :

 

Nomor Urut Otomatis Bulan dan Tahun

 

Pada contoh nomor urut otomatis yang kedua diatas kita sudah menambahkan bulan serta tahun dari kolom B.

Nomor urut otomatis yang kedua ini selain menggunakan rumus Excel ROWS kita juga menambahkan rumus Excel TEXT.

Fungsi dari rumus Excel TEXT tersebut adalah untuk mengatur tampilan format pada nomor urut otomatis.

Adapun rumus yang digunakan pada Cell A4 adalah sebagai berikut :

 

=TEXT(ROWS($B$4:B4);"00")&"-"&TEXT(B4;"mm-yy")

 

Dengan menggunakan rumus tersebut maka nomor urut otomatis akan muncul pada Cell A4 dengan urutan 01-10-23.

Adapun urutan dari nomor urut otomatis tersebut adalah sebagai berikut :

  • 01 : nomor urut
  • 10 : bulan ( Oktober )
  • 23 : tahun ( 2023 )

Jika tanggal pada kolom B berubah maka secara otomatis nomor urut juga akan berubah dan menyesuaikan tanggal tersebut. 

 

Baca Juga : Rumus Excel TEXT : Fungsi, Syntax, Argumen dan Contohnya


Nomor urut otomatis yang kedua ini syaratnya memang harus sudah bisa menggunakan rumus Excel ROWS serta rumus Excel TEXT.

Langkah yang terakhir adalah silahkan copy dan pastekan rumus pada Cell A4 kedalam Cell A5 serta Cell A6. 


Penutup

 

Sebenarnya bagian yang terpenting dari pembahasan ini adalah kita harus sudah menguasai cara penggunaan rumus Excel ROWS serta rumus Excel TEXT.

Jika sudah memahami kedua rumus tersebut maka kita bisa menyusun serta membuat nomor urut otomatis sesuai dengan kebutuhan.

Bahkan dengan tambahan format seperti apapun maka kita akan bisa untuk membuat serta menyesuaikan rumus Excelnya.

Itulah pembahasan kita kali ini tentang nomor urut otomatis dan semoga artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca.

Post a Comment for "Cara Membuat Nomor Urut Otomatis Menggunakan Rumus Excel ROWS"